Thursday 29 August 2019

Pelatihan Dasar Desain Infografis


1.1.    Latar Belakang

Saat Anda menyimak paparan informasi lewat slide presentasi, mana yang lebih menarik: yang berupa tekskah atau gambar – gambar? Secara Umum orang akan memilih yang lebih banyak gambar. Manusia memang sangat responsif terhadap gambar dan informasi visual. Inilah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan Audiens Anda, lewat informasi visual. Infografis semakin populer sejalan dengan berkembangnya teknologi digital baik dalam bidang bisnis, maupun bidang pendidikan. Secara umum infografis merupakan presentasi informasi visual yang menggunakan elemen – elemen desain untuk menyajikan konten informasi.
Dikarenakan bentuknya yang visual, infografis seringkali lebih mampu menampilkan pesan – pesan yang kompleks sehingga membuat Audiens lebih mudah memahami pesan – pesan tersebut. Sebuah infografis harus mampu melakukan dua hal sekaligus : menyampaikan informasi sejelas mungkin dan tetap kreatif. Namun bagaimana memastikan infografis yang dibuat sudah efektif menyampaikan informasi secara komprehensif kepada Audiens dalam presentasi? Dikarenakan latarbelakang tersebut maka Penulis berinisiatif dalam mengikuti pelatihan Online Desain Infografis, hal tersebut ditunjang dengan sarana dan prasarana penyelenggaraan Pelatihan dengan komunikasi daring dan konten digital, sehingga memudahkan Guru tanpa harus meninggalkan jam pembelajaran di Sekolah.

1.2.  Tujuan Umum

Secara umum kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Online Desain Infografis bertujuan :
1.      Memberikan penguasaan dan kemampuan dalam merancang serta mempresentasikan data atau informasi dalam format digital yang informatif, jelas, dinamis dan estetis.
2.      Mengenalkan seluruh fitur – fitur utilitas pada Situs Canva untuk merancang desain infografis sesuai dengan piramida informasi dengan baik yang selaras dengan perencanaan.
3.      Meningkatkan kemampuan Guru Indonesia dalam mengikuti pelatihan Online melalui Video Conference berbasis platform Cisco Webex yang dilengkapi dengan fitur konten modul digital maupun Video Tutorial yang tercakup dalam Sistem MOOC (Massive Open Online Content) SEAMEO SEAMOLEC.
4.      Memperkenalkan seluruh proses kerja dalam perencanaan awal desain infografis hingga perancangan tata letak dan perwajahan.

2.1. Judul Diklat Yang Diikuti

Pelatihan Online Desain Infografis SEAMEO SEAMOLEC.

2.2. Waktu Pelaksanaan Diklat

            Pelatihan Online Desain Infografis SEAMEO SEAMOLEC dilaksanakan pada pukul 19.00 S.d 21.00 WIB dari tanggal 28 Juni 2019 S.d 26 Juli 2019.

2.3. Tempat Pelaksanaan Diklat


            Pelaksanaan Pelatihan Online Desain Infografis diselenggarakan oleh SEAMEO SEAMOLEC. Sesi kegiatan berlangsung dalam jaringan melalui Video Conference dengan platform Cisco Webex dan dilengkapi Modul pembelajaran serta video tutorial .

2.4. Jenis Kegiatan

            Diklat Fungsional.

2.5. Lama Waktu Pelaksanaan Diklat

            32 Jam selama 28 Hari (@1 hingga 2 JP Tiap Hari) disesuaikan dengan rilis jadwal Video Conference yang dipublikasikan pada alamat http://mooc.seamolec.org/courses.

2.6 Tujuan Pelaksanaan Diklat

            Meningkatkan kompetensi Guru agar handal dalam mengelola pelatihan berbasis daring atau Online melalui peningkatan kemampuan perancangan layout desain infografis yang menerapkan unsur – unsur estetika yang baik menggunakan utilitas Canva.

Sertifikat Infografis

 

No comments:

Post a Comment