Thursday 6 August 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Penguatan Integritas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

A.      Identitas Program Pendidikan

Nama Sekolah

:

SMK Negeri 1 Kutasari

Mata Pelajaran

:

Teknologi Layanan Jaringan

Komp. Keahlian

:

Teknik Komputer Dan Jaringan

Kelas / Semester

:

XI/ Gasal

Tahun Pelajaran

:

2020/2021

Alokasi Waktu

:

12 JP (@45 Menit) = 3 Pertemuan (4 x 45 Menit) = 180 Menit

Siklus

:

1

Pertemuan

:

1 s.d. 3

 

B.      Kegiatan Pendahuluan

Lakukan pengkondisian dan pembiasaaan, seperti berdoa, kelas bersih,bersalaman, menunjukan sikap disiplin serta mengamalkan ajaran yang dianutnya dan lainnya.

C.      Inti Kegiatan Pembelajaran

No

Inti Kegiatan Pembelajaran

Bahan Dan Alat

Keterkaitan antara Kondisi yang diciptakan dengan menguatan nilai-nilai

1.

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran disertai manfaat dalam kehidupan nyata mengenai fungsi peralatan jaringan dalam pertukaran informasi dan komunikasi

Bahan tayang pembelajaran, simulasi jaringan packet tracer

Guru memberikan stimulus siswa melalui video instruksional ataupun demonstrasi menekankan aspek perhatian akan pentingnya nilai nilai kebermanfaatan IPTEK dalam kehidupan nyata.

2.

Guru mensosialisasikan aturan dan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dilaksanakan selama pembelajaran

Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet, Instrumen pengamatan sikap

Melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) siswa berlatih untuk bekerjasama, bertanggung jawab serta komitmen dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas, menciptakan lingkungan komunikasi yang terbuka antar siswa dan Guru.

3.

Sesuai dengan hasil test penempatan Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen

Melalui pembagian kelompok heterogen diharapkan siswa dapat berlatih bersosialisasi, peduli dan tanggap terhadap sesama serta tidak membeda bedakan antar teman maupun kelompok.

4.

Guru mendemonstrasikan topologi jaringan, konfigurasi perangkat dan proses komunikasi data

Simulasi jaringan berbasis cisco packet tracer.

Melalui kegiatan mengamati, menanya siswa berlatih untuk kritis terhadap materi pembelajaran.

5.

Guru memberikan kesempatan ketua kelompok untuk membagi peran dan tugas sesuai dengan media dan sumber belajar yang disediakan Guru

Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet, Instrumen pengamatan sikap.

Melatih kerjasama, ketelitian dan tanggung jawab siswa secara kelompok dalam pembelajaran terbimbing melalui tutor sebaya dalam kelompok heterogen.

6.

Guru memantau aktifitas dan sikap siswa selama pembelajaran serta memberikan panduan bilamana terdapat ketidakjelasan.

Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet.

Memberikan kesempatan daya nalar, daya pikir dan daya karsa melalui pembelajaran kinerja / perbuatan / psikomotor ataupun pembelajaran penalaran dalam LKPD dan Jobsheet.

7.

Di akhir pembelajaran dilaksanakan umpan balik disertai Kesimpulan antara jawaban benar dan jawaban salah

Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet, dan hasil karya siswa.

Dengan mencocokan hasil pembelajaran individu dengan pembelajaran kelompok siswa mendapatkan hikmah pentingnya kolaborasi, tukar pikiran dan curah hasil untuk mendapatkan jawaban maupun petunjuk atas solusi pembelajaran praktik maupun konsep.

8.

Guru merekam dan mengukur penilaian melalui instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor

Instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor

Siswa melakukan perubahan tingkah laku baik pada aspek keaktifan, tanggung jawab maupun kerjasama dalam pembelajaran kooperatif baik aspek sikap kerja dalam praktikum maupun tanggung jawab dalam menyelesaikan LKPD.

 

Mengetahui,                                                      Purbalingga, 24 Juni 2020

Kepala Sekolah                                                 Guru mata pelajaran

 

 

 

Trisna Widada, S.Pd.                         Fajar Bakhrun Najkhi, S.Kom.

NIP. 19630509 198403 1 009                         NIP. 19861123 201001 1 005

No comments:

Post a Comment