RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program Pendidikan
Nama
Sekolah |
: |
SMK
Negeri 1 Kutasari |
Mata
Pelajaran |
: |
Teknologi
Layanan Jaringan |
Komp.
Keahlian |
: |
Teknik
Komputer Dan Jaringan |
Kelas /
Semester |
: |
XI/ Gasal |
Tahun
Pelajaran |
: |
2020/2021 |
Alokasi
Waktu |
: |
12 JP (@45 Menit) = 3 Pertemuan (4 x 45 Menit) = 180 Menit |
Siklus |
: |
1 |
Pertemuan |
: |
1
s.d. 3 |
B. Kegiatan Pendahuluan
Lakukan pengkondisian dan
pembiasaaan, seperti berdoa, kelas bersih,bersalaman, menunjukan sikap disiplin
serta mengamalkan ajaran yang dianutnya dan lainnya.
C. Inti Kegiatan Pembelajaran
No |
Inti Kegiatan Pembelajaran |
Bahan Dan Alat |
Keterkaitan
antara Kondisi yang diciptakan dengan menguatan nilai-nilai |
1. |
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran disertai
manfaat dalam kehidupan nyata mengenai fungsi peralatan jaringan dalam pertukaran
informasi dan komunikasi |
Bahan tayang pembelajaran, simulasi
jaringan packet tracer |
Guru memberikan stimulus siswa melalui video
instruksional ataupun demonstrasi menekankan aspek perhatian akan pentingnya
nilai nilai kebermanfaatan IPTEK dalam kehidupan nyata. |
2. |
Guru mensosialisasikan aturan dan
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dilaksanakan selama
pembelajaran |
Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet,
Instrumen pengamatan sikap |
Melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) siswa
berlatih untuk bekerjasama, bertanggung jawab serta komitmen dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas, menciptakan lingkungan
komunikasi yang terbuka antar siswa dan Guru. |
3. |
Sesuai dengan hasil test penempatan Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen |
Melalui pembagian kelompok heterogen
diharapkan siswa dapat berlatih bersosialisasi, peduli dan tanggap terhadap
sesama serta tidak membeda bedakan antar teman maupun kelompok. |
|
4. |
Guru mendemonstrasikan topologi jaringan,
konfigurasi perangkat dan proses komunikasi data |
Simulasi jaringan berbasis cisco packet
tracer. |
Melalui kegiatan mengamati, menanya siswa
berlatih untuk kritis terhadap materi pembelajaran. |
5. |
Guru memberikan kesempatan ketua kelompok untuk
membagi peran dan tugas sesuai dengan media dan sumber belajar yang disediakan
Guru |
Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet,
Instrumen pengamatan sikap. |
Melatih kerjasama, ketelitian dan tanggung
jawab siswa secara kelompok dalam pembelajaran terbimbing melalui tutor
sebaya dalam kelompok heterogen. |
6. |
Guru memantau aktifitas dan sikap siswa
selama pembelajaran serta memberikan panduan bilamana terdapat
ketidakjelasan. |
Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet. |
Memberikan kesempatan daya nalar, daya
pikir dan daya karsa melalui pembelajaran kinerja / perbuatan / psikomotor
ataupun pembelajaran penalaran dalam LKPD dan Jobsheet. |
7. |
Di akhir pembelajaran dilaksanakan umpan
balik disertai Kesimpulan antara jawaban benar dan jawaban salah |
Lembar Kerja Peserta Didik, job Sheet, dan
hasil karya siswa. |
Dengan mencocokan hasil pembelajaran
individu dengan pembelajaran kelompok siswa mendapatkan hikmah pentingnya
kolaborasi, tukar pikiran dan curah hasil untuk mendapatkan jawaban maupun
petunjuk atas solusi pembelajaran praktik maupun konsep. |
8. |
Guru merekam dan mengukur penilaian melalui
instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor |
Instrumen penilaian kognitif, afektif dan
psikomotor |
Siswa melakukan perubahan tingkah laku baik
pada aspek keaktifan, tanggung jawab maupun kerjasama dalam pembelajaran
kooperatif baik aspek sikap kerja dalam praktikum maupun tanggung jawab dalam
menyelesaikan LKPD. |
Mengetahui, Purbalingga,
24 Juni 2020
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
Trisna Widada,
S.Pd. Fajar
Bakhrun Najkhi, S.Kom.
No comments:
Post a Comment